Bepergian di BRT Semarang Hanya dengan Satu Ketukan | Telkomsel
BAGIKAN

Bepergian di BRT Semarang Hanya dengan Satu Ketukan

Article
A Simple Tap for Riding Trans Semarang Bus

Cukup Tap, Langsung Bisa Naik Bus Trans Semarang

Setelah ragam layanan pembayaran ritel, layanan ketersambungan dengan bank (LinkAja Ekstra), dan layanan overseas remittance, cakupan layanan keuangan digital LinkAja dikembangkan dengan uji coba layanan LinkAja Pass di Bus Rapid Transit (BRT) Semarang.

Fitur TCASH Pass dikembangkan untuk menjawab kebutuhan digitalisasi pembayaran di sektor transportasi yang bersifat cepat dan berulang. Implementasi teknologi ini memungkinkan transaksi di terminal pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu melakukan otorisasi PIN.

Fitur pass dalam layanan LinkAja dihadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep Smart City sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah melalui digitalisasi pembayaran layanan transportasi.

“Layanan LinkAja ini diharapkan mampu meningkatkan kecepatan pelayanan Trans Semarang. Mayoritas pengguna Trans Semarang yang merupakan pelanggan Telkomsel diyakini akan sangat dimudahkan dengan berjalannya sistem ini,” ungkap Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Untuk memperoleh kemudahan layanan ini, pelanggan yang aktif menggunakan layanan TCASH dapat dengan mudah mengaktifkan fitur TCASH Pass pada sticker near-field communication (NFC) LinkAja yang tersedia di pusat pelayanan transportasi, khususnya di halte BRT Balai Kota Semarang dan GraPARI Semarang. Setelah aktivasi layanan LinkAja TAP dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan LinkAja Pass.

Cukup Tap, Langsung Bisa Naik Bus Trans Semarang

Transaksi LinkAja di dalam BRT Semarang dapat langsung dilakukan di dalam bus dengan cara melakukan tap atau menempelkan sticker NFC LinkAja ke terminal pembayaran BRT Semarang yang dibawa oleh petugas. Pelanggan dikenakan sesuai dengan tarif yang berlaku, yakni Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar. Guna menunjang kemudahan akses layanan LinkAja, tersedia pula akses khusus aktivasi layanan LinkAja untuk Kota Semarang melalui menu akses *800*024#.

Layanan LinkAja Pass di Bus Trans Semarang merupakan langkah pertama untuk masuk ke sektor transportasi umum. Fitur ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin menggunakan LinkAja sebagai alat pembayaran di dalam kehidupan mereka sehari-hari. LinkAja Pass diharapkan dapat semakin memudahkan keseharian masyarakat Semarang menjadi masyarakat digital di tengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.

Dalam acara peluncuran layanan LinkAja dan BRT Semarang, selain dapat berkenalan dengan layanan LinkAja Pass di BRT Semarang, masyarakat dapat juga merasakan pengalaman bertansaksi menggunakan layanan LinkAja untuk menikmati aneka sajian kuliner. Masih dalam rangkaian perayaan HUT RI ke-72, seluruh menu makanan dan minuman pada acara peluncuran dipasarkan dengan harga spesial Rp 72.

Kerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang ke depannya akan dikembangkan melalui implementasi pembayaran non tunai di berbagai sarana umum lainnya, di antaranya retribusi sampah, biaya administrasi pemerintahan, dan sebagainya.

Saat ini lebih dari 12 juta pelanggan telah menikmati layanan LinkAja di seluruh Indonesia. Ekosistem layanan keuangan digital secara konsisten terus dikembangkan dengan menggandeng berbagai pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai dan mempercepat keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia.